3 Cemilan yang Bisa Menambah Kecerdasan Otak Anak

3 Cemilan yang Bisa Menambah Kecerdasan Otak Anak

Usia balita merupakan usia emas tumbuh kembang anak. Di masa ini, anak butuh asupan makanan yang benar-benar bergizi. Anak balita juga cenderung sangat aktif, sehingga tak heran jika membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak. Untuk itu, para ibu sebaiknya menyiapkan segala makanan yang dibutuhkan oleh si kecil.

Umumnya makanan yang dikonsumsi manusia terbagi menjadi 2, yaitu makanan utama dan makanan cemilan. Makanan utama adalah makanan yang dikonsumsi 3 kali sehari, berupa nasi, lauk pauk, dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari. Sedangkan makanan cemilan adalah makanan pendamping yang dikonsumsi di sela-sela makanan utama. Makanan cemilan hanyalah makanan yang ringan-ringan dan biasanya tidak begitu mengenyangkan.

Anak-anak cenderung lebih suka makanan cemilan karena bisa dimakan sesuai dengan keinginan mereka, misalnya saat bermain ataupun menonton. Namun, orang tua harus paham agar cemilan yang dikonsumsi anak merupakan cemilan yang sehat dan kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan dan sayuran. Terlebih lagi, di masa tumbuh kembangnya anak sangat perlu nutrisi tersebut. Tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga untuk kesehatan dan kecerdasan otaknya.

Berikut ini merupakan cemilan sehat untuk anak yang bisa mencerdaskan otak. Simak penjelasannya di bawah ini:

Cemilan yang Bisa Mencerdaskan Otak Anak

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah-buahan tropis yang sangat baik untuk otak. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Lemak tak jenuh tersebut rupanya juga meningkatkan kualitas otak, sehingga bisa menambah kecerdasan anak. Selain itu, alpukat juga punya beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pengaplikasiannya pun sangat mudah dan beragam. Alpukat bisa dijadikan campuran kue ataupun jus yang sangat disukai anak. Terlebih jika dikreasikan dengan tampilan yang lucu dan menarik perhatian anak-anak.

2. Brokoli

Brokoli memang sayur-sayuran yang sering ditemui di makanan utama atau makanan pokok, biasanya dibuat sup atau sejenisnya. Akan tetapi, brokoli juga bisa dibuat cemilan yang disukai anak. Adanya cemilan brokoli tersebut membuat anak semakin mudah untuk memakan sayuran dengan hati yang senang.

Brokoli bisa dibuat menjadi brokoli crispy, bola-bola sayur, smoothiez, salad, dan lain sebagainya. Brokoli mengandung vitamin K dan kolin yang bisa meningkatan kemampuan kognitif serta meningkatkan daya ingat pada otak. Selain itu, juga mengandung asam folat yang bisa mencegah depresi.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan biasanya digunakan sebagai tambahan dan mempercantik tampilan makanan, seperti kacang almond, kacang mede, dan masih banyak lagi. Penggunaan kacang tersebut pada cemilan dan makanan, membuatnya bisa dengan mudah dikonsumsi oleh anak-anak.

Kacang-kacangan mengandung berbagai lemak tak jenuh dan vitamin yang mampu meningkatkan pengetahuan kognitif anak. Dengan itu, anak bisa menjadi lebih cerdas dan tanggap.

Demikian, penjelasan singkat mengenai cemilan yang bisa menambah kecerdasan otak anak. Makanan tidak hanya diperlukan untuk tumbuh kembang fisik saja tetapi juga untuk otak dan mental. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kalian.