3 Nutrisi Penting Dalam Makanan dengan Gizi Seimbang

3 Nutrisi Penting Dalam Makanan dengan Gizi Seimbang

Menyiapkan makanan dengan gizi seimbang Merupakan rutinitas harian yang seringkali membingungkan bagi yang menyiapkannya, terutama ibu. Pasalnya, di tengah kesibukan seringkali yang terpikirkan hanyalah yang terbiasa dimakan oleh keluarga ataupun yang menjadi kegemaran masing=masing.

Padahal untuk menyediakan asupan nutrisi yang bergizi perlu berbagai macam variasi sumber pangan agar seluruh kebutuhan gizinya dalam satu hari tersebut terpenuhi.  Jika hanya menyajikan sumber pangan yang itu-itu saja maka ditakutkan akan ada nutrisi yang tidak cukup asupan nya pada hari tersebut.

Sumber Pangan Untuk Makanan dengan Gizi Seimbang

Sumber pangan untuk menyiapkan berbagai macam makanan dengan gizi yang seimbang sebenarnya banyak dan tersedia secara melimpah di sekitar. Namun, seringkali banyak yang mengalami kesulitan untuk menyiapkannya. Sebab, bisa jadi anggota keluarga ada yang tidak menyukai panganan tersebut.  Oleh karena itu yang disajikan tidak jauh berbeda dari hari ke hari.

Karbohidrat

Karbohidrat biasanya terkandung pada sebagian besar makanan pokok orang Indonesia yang terdiri dari beras atau nasi.  Padahal sumbernya tidak hanya itu saja. Banyak pilihan bahan pangan yang mengandung nutrisi tersebut. Antara lain singkong, ubi, kentang, dan yang lainnya.

Karbohidrat sendiri digunakan sebagai sumber energi di dalam tubuh. Sehingga disarankan Anda untuk mengkonsumsinya sebanyak 3 sampai 4 porsi dalam satu hari. Dengan demikian kebutuhan energi hari itu  akan terpenuhi.

Protein

Protein di dalam tubuh digunakan untuk membangun sel tubuh serta memperbaiki memperbaiki jaringannya rusak. Sumber protein banyak terdapat di sekitaran. Tidak hanya pada daging sapi atau daging ayam, tetapi juga terdapat pada kacang-kacangan,  susu,  telur serta makanan laut. Anda dapat mengkombinasikan berbagai macam sumber protein ini sehingga mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat.

Mineral, Vitamin, dan Serat

Kebutuhan nutrisi selanjutnya adalah mineral vitamin dan serat yang banyak terdapat pada buah dan sayuran. Buah yang beraneka macam warna mengandung nutrisi yang berbeda. Begitu juga dengan sayur-sayuran. Oleh karenanya disarankan Anda untuk menyajikan makanan dengan  memanfaatkan seluruh buah-buahan dan sayuran yang ada.

Kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Karena kedua dan nutrisi tersebut mendukung seluruh proses fungsi tubuh sehingga dapat bekerja dengan baik. Buah-buahan dan sayuran juga mengandung serat dalam kadar yang tinggi. Kekurangan serat tentu akan berfungsi berdampak pada kesehatan saluran cerna.

Untuk sayuran, Anda dapat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah dan matang. Akan tetapi jika hendak mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, pastikan bahwa seluruh residu yang berbahaya sudah hilang dari setiap lembar daunnya. Dengan cara membilasnya dengan air bersih.

Mulailah menyiapkan makanan dengan gizi seimbang dengan cara memperkaya sumber pangan yang dimanfaatkan untuk membuat sajian di rumah. Dengan begitu kebutuhan nutrisi setiap anggota keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Pada akhirnya dapat berkembang dengan optimal dan selalu terjaga kesehatan.