4 Rekomendasi Menu Bubur Tim Sayur untuk MPASI

Daftar isi konten

4 Rekomendasi Menu Bubur Tim Sayur untuk MPASI

Makanan Pendamping ASI atau yang biasa disebut MPASI adalah makanan tambahan untuk bayi ketika menginjak 6 bulan. Pengolahan MPASI tidak boleh sembarang karena berbeda dengan makanan orang dewasa. Salah satu menu MPASI yang bisa dibuat adalah bubur tim sayur. Bubur dipilih karena teksturnya yang lembut dan campuran sayur ditambahkan sebagai penambah nutrisi.

Menu Bubur Tim Sayur

1. Bubur Tim Sayur Bayam-Ayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang bergizi dan mudah didapatkan. Dalam bayam terkandung mineral zat besi, kalsium, magnesium, dan vitamin A, C, dan K. Zat besi berfungsi menjaga sirkulasi darah dan oksigen dan mineral lainnya membantu pertumbuhan tulang. Vitamin berfungsi untuk meningkatkan imun. Sedangkan ayam mengandung protein baik untuk sel tubuh.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Dada ayam dibersihkan dan dipotong menjadi dadu kecil. Setelah dipotong, masak menggunakan canola oil dan bawang putih 10 menit kemudian sisihkan. Masukkan wortel, ayam, dan nasi kemudian ditambahkan air dan kaldu ayam, masak hingga lembek. Tambahkan bayam dan sedikit garam kemudian aduk hingga mengental dan menjadi bubur.

2. Bubur Tim Brokoli-Udang

Udang mengandung mineral penting bagi tubuh, antara lain kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc. Selain itu, udang juga mengandung omega 3 dan 6 serta antioksidan yang baik untuk perkembangan kecerdasan anak dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ditambah dengan brokoli yang mengandung senyawa bioaktif baik bagi tubuh.

Siapkan udang, wortel, brokoli, nasi, dan keju parut. Bersihkan sayuran dan udang lalu potong kecil-kecil. Rebus potongan sayuran dan udang selama beberapa menit kemudian tambahkan nasi. Aduk campuran sampai mengental menjadi bubur. Tambahkan keju parut di atasnya ketika ingin disajikan untuk si kecil.

3. Bubur Tim Sayur Daging Sapi-Buncis

Bubur tim sayur yang satu ini bagus untuk menaikkan berat badan anak. Mengandung daging sapi yang berprotein tinggi baik bagi regenerasi sel dan meningkatkan massa otot bayi. Buncis mengandung serat dan antioksidan yang bagus bagi imunitas dan menjaga kesehatan pembuluh darah pada bayi.

Potong kecil daging sapi dan rebus hingga setengah matang. Potong juga buncis kecil-kecil dan masukkan dalam slow cooker. Tambahkan 150 ml air dan masukkan daging sapi ke dalam slow cooker dan di set selama 2 jam. Setelah selesai, Anda bisa blender campuran hingga benar-benar halus.

4. Bubur Tim Sayur Wortel-Tahu

Wortel yang kaya akan vitamin dan antioksidan bagus bagi pertumbuhan anak karena mencegah anak mudah terserang penyakit. Tahu merupakan sumber protein nabati yang mudah didapatkan dan dengan harga yang terjangkau.

Anda hanya perlu mencampurkan nasi, potongan wortel, dan tahu untuk membuat bubur ini. Masukkan potongan wortel kemudian rebus dan ditambahkan kaldu ayam. Tambahkan nasi dan tahu kemudian aduk hingga menjadi bubur.

Mudah dan praktis bukan dalam membuat bubur tim sayur? Anda bisa memanfaatkan sayuran dan sumber protein sekitar Anda untuk membuatnya. Pastikan juga Anda memberikan menu MPASI selang-seling agar manfaat dari MPASI bisa maksimal.