5 Vitamin Untuk Orang Tua yang Wajib Terpenuhi Kebutuhan Hariannya

5 Vitamin Untuk Orang Tua yang Wajib Terpenuhi Kebutuhan Hariannya

Vitamin untuk orang tua bisa menjadi pilihan ketika asupan gizi yang seharusnya diperoleh dari sajian utama tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hariannya. Bentuknya dapat berupa suplemen atau susu yang dapat dikonsumsi dengan mudah.

Macam Vitamin Untuk Orang Tua

Seringkali faktor kebutuhan nutrisi orangtua tidak dapat terpenuhi karena para lansia mengalami kehilangan selera makan akibat penurunan fungsi sel-sel tubuh secara alamiah. Tetapi bisa juga karena adanya pantangan yang harus ia jalani karena menderita penyakit tertentu.

Apapun faktor penyebabnya, seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh orang tua harus tetap terpenuhi. Sebab pada usia senja, mereka malah rentan terhadap berbagai penyakit. Sehingga selalu diusahakan agar semua nutrisi tersebut terasup dengan baik.

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi yang digunakan oleh tubuh untuk membangun kekebalan tubuhnya sendiri agar dapat mencegah infeksi dari berbagai macam patogen. Selain itu penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Karena pada umumnya lansia memiliki gangguan mata yaitu penurunan daya penglihatan.

Vitamin B

Vitamin B memiliki fungsi yang sangat kompleks karena terdiri dari sekitar 9 jenis yang memiliki fungsi berbeda-beda antara satu sama lainnya. Vitamin ini membantu untuk mengolah makanan menjadi energi serta menjaga kesehatan sistem saraf mata dan kulit.

Fungsi yang tak kalah pentingnya lagi adalah memproduksi sel darah merah,  re generasi DNA dan RNA. Serta juga untuk menjaga kesehatan saraf yang amat penting untuk koordinasi gerak tubuh.

Asam folat merupakan salah satu bagian dari vitamin B yang memiliki peranan penting bagi kemampuan kognitif lansia. Sebab, vitamin ini Dapat menjaga kesehatan otak sehingga mencegah terjadinya penurunan kemampuannya berpikir. Gejala yang terlihat biasanya adalah mulai dari pelupa sampai yang paling parah yaitu demensia.

Vitamin  C

Vitamin ini dari dulu sudah dikenal sebagai fungsi yang mampu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manusia dapat mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup agar tidak mudah terinfeksi dengan sumber penyakit.  Selain itu juga untuk memudahkan sembuh dari sakit.

Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu penyerapan maksimal kalsium ke dalam tulang dan gigi.  Dengan demikian kepadatan tulang akan menjadi maksimal serta tidak mudah patah. Hal inilah yang menyebabkan terhindarnya lansia dari resiko osteoporosis.

Vitamin E

Vitamin ini juga memiliki peranan yang amat penting untuk menjaga kesehatan manusia. Fungsinya dapat menjaga kesehatan mata, kulit, meningkatkan sistem imun serta juga untuk mencegah infeksi dari berbagai macam penyakit.

Suplemen vitamin untuk orang tua dapat menjadi dapat dijadikan pilihan ketika kebutuhan nutrisi tidak dapat terpenuhi dari panganan. utama Tambahan lainnya adalah dari produk susu yang mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan hariannya.