Usaha Budidaya Burung Lovebird yang Menjanjikan

Menjalankan usaha budidaya burung lovebird belakangan sedang popular dan banyak orang yang melakukannya. Selain tamplannya yang cantik, burung ini terbilang unk karena bisa dilatih untuk mengucapkan kata atau kalimat tertentu.

Saat ini harga jual burung lovebird cukup menggiurkan. Yang menarik, semakin banyak orang yang menyukainya dan menjadikan burung ini sebagai peliharaan yang menyenangkan di rumah.

Untuk beternak burung lovebird ini sendiri, anda bisa mencoba membuat peternakan sendiri, dengan memilih jenis kelamin dan indukannya yang baik dan berkualitas.

Cara Ternak Burung Lovebird

Untuk anda yang ingin mencoba mengembangbiakan burung lovebird ini, tentunya mesti mencoba menggunakan beberapa cara yang mudah untuk dilakukan.

budidaya burung lovebird 1

Berikut ini, adalah beberapa cara ternak dan panduan umum cara budidaya burung lovebird yang bisa anda coba lakukan sendiri.

Menentukan Tujuan Breeding

Burung lovebird jika anda ingin mencoba menghasilkan dan beternak untuk mendapatkan burung dengan suara yang baik, maka anda mesti memilih betina yang bagus suaranya.

Pilihlah betina dengan suara kekekan dan kicauan yang bagus untuk menghasilkan bibit keturunan lovebird dengan suara yang bagus juga tentunya.

Dan jika ingin mendapatkan keturunan dengan warna bulu yang menarik, maka anda bisa mengawinkan jantan dan betina yang bulunya menarik, atau dengan sistem satu jantan, dikawinkan dengan tiga betina.

Usia Produktif

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan usia produktif dari burung lovebird ini. Seekor burung lovebird, bisa membuahi pada usia 8 bulan untuk jantannya, dan untuk betinanya, lebih ideal ketika berusia sekitar 1 tahun, sebagai usia produktif mereka.

Makanan Anak Lovebird

Langkah budidaya burung lovebird yang tak kalah penting adalah memperhatikan pakannya. Untuk jenis makanannya sendiri, anakan lovebird biasanya memerlukan makanan khusus, yang bisa anda temukan di toko pakan ternak murah terdekat untuk lokasi Anda.

Namun anda juga bisa mencoba alternatif lainnya seperti memberikan bubur bayi instant, hingga memberikan vitamin yang baik agar nantinya kicaunya bisa lebih bagus. Cobalah sering ikut kumpul komunitas burung untuk mendapatkan pengalaman dalam berternak lovebird.

Sekian untuk ulasan mengenai cara dalam budidaya burung lovebird yang bisa anda coba lakukan. Semoga menambah informasi anda, dan menghasilkan hasil panen yang memuaskan.