Indonesia Kalahkan Singapura di Piala AFF 2020 (4 – 2), Ini 5 Fakta Menariknya!

unnamed

Pada berita bola indonesia kali ini, kita akan membahas 5 fakta menarik Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 42 untuk melaju ke final Piala AFF 2020. Tim Garuda mengalahkan  Lions di leg kedua Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (12/25/2021).

Timnas Indonesia mengambil keuntungan dengan Ezra Walian (11′). Tim Asuhan Tatsuma Toshida dari Singapura berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan Song Uiyoung di menit 45+4. Singapura bermain dengan sembilan pemain usai diusirnya Safiwan Baharudin dan Irfan Fandi. 

Timnas Singapura justru bali unggul dengan tembakan Syahdan Sulaiman (74′). Lebih banyak pemain, membuat timnas Indonesia menyerang pertahanan Singapura. 

Hasilnya tiga gol diciptakan Pratama Arhan, satu gol bunuh diri Shawal Anwar dan satu gol penutup  Egy Maulana Vikri. Selain kartu merah dan gol, berikut lima berita bola indonesia menarik  Timnas Indonesia vs Singapura di laga kedua semifinal Piala AFF 2020.

  • Keputusan Wasit, Qasim Matar Ali Al Hatmi yang Kontroversi

Laga ini tak lepas dari keputusan kontroversial wasit yang berasal dari Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi yang memimpin pertandingan. Setidaknya ada dua keputusan yang menimbulkan tanda tanya. 

Yang pertama merupakan gol kedua bagi Indonesia yang diciptakan oleh Pratama Arhan, dianggap offside. 

Kedua, Penalti yang Diberikan kepada Singapura. Sebelumnya, Pratama Arhan dianggap melanggar, meski sekilas  Arhan tampak menghadang bola  sebelum menjatuhkan striker Singapura itu.

  • Singapura Menjadikan Striker Menjadi Kiper

Pada akhir pertandingan, ketika skor untuk pertandingan ini sudah  4-2, itu menjadi petaka bagi Singapura di penghujung babak kedua 2×15 menit. Kiper mereka Hassan Sunny menerima kartu merah karena menghadapi pemain Indonesia. 

Singapura pun siap menjadikan striker Ikhsan Fandi sebagai penjaga gawang saat laga menyisahkan satu menit. Dan hebatnya, terjadi penyelamatan ketika dia mengambil bola  dari luar kotak pinalti.

  • Indonesia Kebobolan Setelah Elkan Baggot, Irfan Jaya, Egy Maulana Vikri Masuk

Ketiga nama, Elkan Baggot, Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri mengawali pertandingan dari bangku cadangan, masuk bersama-sama pada waktu pertandingan 65 menit. Namun di luar dugaan masuknya mereka berakhir sial bagi Indonesia karena gol kedua Singapura terjadi setelah mereka masuk. Gol ini membuat Indonesia semakin memperkuat penyerangan dan hampir berakhir dengan kekalahan 2-1.

  • Singapura Mendapatkan 3 Kartu Merah dan 1 Gol Bunuh Diri

Pertandingan ini memanas dengan ketegangan yang intens. Hingga wasit harus mengeluarkan tiga kartu merah dan ada juga drama melawan kubunya. 

Uniknya, semua kejadian naas tersebut pernah terjadi di Singapura dan sudah terjadi sepanjang waktu. Kartu merah pertama diterima Safuwan Baharudin pada menit ke-45+2 karena setelah dua  kartu kuning.

Kemudian giliran bek Irfan Fandi di babak kedua pada menit ke-67 setelah tekel dari Irfan Jaya, kemudian gol ke gawang kubunya di 2×15 menit babak pertama  Shawal Anuar, dan ditutup dengan kartu merah dari  kiper Hassan Sunny di menit 119.

  • Nedeo Berhasil Menghadang Eksekusi Faris Ramli

Singapura juga mendapat hadiah penalti saat pertandingan berakhir dengan skor 2-2 di penghujung babak. Indonesia nyaris gigit jari jika  tendangan itu masuk ke dalam. 

Tapi untungnya tembakan Faris Ramli tidak masuk ke dalam. Nadeo berhasil menjadi penyelamat dengan menebak arah fastball ke gawang dari sisi kiri dan skor 2-2 bertahan hingga 90 menit.

 

Penutup

Itu dia 5 fakta menarik dari laga Indonesia vs. Singapura pada semifinal Piala AFF 2020. Indonesia berhasil menang dan mendapatkan tiket bersama Thailand di babak final.