Jenis- jenis dari NFT 2020

Penjualan NFT Terus Naik, Tapi Kepemilikan Belum Merata

NFT adalah sebuah unit data yang di simpan dalam blockchain, didalamnya ini mengesankan asset digital seperti animasi, video, suara dan masih banyak lagi yang lain. Sifat dari NFT ini tidak memiliki ketidakpastian jadi tidak bisa dipertukarkan dengan asset yang lain.

Contohnya ini adalah dengan mengungah file JPG di Binance NFT, lalu gambar tersebut di simpan dan diamankan di computer yang terpisah, termsuk dengan file binarinya. Lalu file ini di buat jadi stampel waktunya supaya bisa punya identitas khusus.

Jenis-Jenis NFT

  • Seni

Pertama ada seni, seni ini adalah bentuk NFT yang paling populer, dari adanya NFT ini membuat para seniman jadi memiliki kesempatan untun menjual karya terbaik yang mereka punya dengan cara online. Saat NFT yang harganya mahal ini adalah karya seni. Salah satu NFT yang paling berharga adalah judulnya “EVERYDAY’S: THE FIRST 5000 DAYS” karya dari Beeple, karya ini berhasil terjual US$69 juta. Ada juga beberapa NFT super mahal lainnya. Beberapa video yang berbentuk GIF juga sudah banyak terjual dengan harga jutaan dolar.

  • Musik

Jenis NFT yang selanjutnya adala music, music ini jadi barang yang sangat sepadan untuk beberapa decade. Music ini di rekam dan juga di distribusikan dengan bentuk rekaman, CD, kaset, dan digital. Tapi para musisi DJ saat ini juga sudah banyak yang menjual karyanya menjadi NFT dan dari mereka sudah banyak yang menghasilkan uang sampai jutaan dollar hanya hitungan jam saja. Para musisi biasanya hanya bisa mendapat uang yang kecil dari music yang sudah mereka buat, karena penghasilan yang didapatkan ini sudah dipotong dengan biaya label rekaman dan juga streaming platform . tapi jika menjualnya dengan NFT bisa mendapatkan penghasilan yang bersih 100%, jadi saat ini para musisi sudah banyak yang menggunakan metode ini.

  • Item dalam Video Gim

Jenis yang selanjutnya adalah item yang ada di dalam video gim, perusahaan yang punya gim ini tidak akan menjual semua gim yang mereka punya sebagai NFT karena mereka ini biasanya hanya akan menjual karakter, skin, item, dan karakternya.

  • Kartu Perdagangan/Barang Koleksi

Kartu perdagangan digital juga bisa dijadikan sebagai NFT, misalnya kartu bisbol yang punya edisi terbatas yang bisa terjual sampai ribuan dolar. Orang ini bisa membeli kemudian memperdagangkan kartu tersebut dalam versi virtual di pasar lalu menyimpan yang aslinya. Jika sudah berubah dalam bentuk NFT satu kartu saja harganya bisa lebih dari 1 juta dollar.

  • Momen Olahraga Besar

NFT juga tidak haris punya pedanan fisik salah satunya ada momen olah raga yan tidak bisa dilupakan. Biasanya berupa video pendek dari salah satu momen penting di dalam dunia olah raga seperti slam dunk atau bisa juga touchdown. Harga dar clip tersebut bisa mencapai US$200 ribu.

  • Meme

Bagi Anda yang merasa internet ini sudah tidak menarik lagi dan tidak bisa membeli atau menjual meme, padahal orang yang ada dalam meme tersebut adalah penjual dari memenya. Salah satu meme yang sangat populer seperti Bad Luck Brian, Nyan Cat, Disaster Girl, dan masih banyak meme yang lainnya. Harga dari meme tersebut yaitu sekitar US$30 ribu dan US$770 ribu. Meme yang saat ini sangat berharga adalah meme dpge yang harganya adalah US$4 juta.