mengetik dengan suara offline

melalui kemampuan Google Voice ini kita dapat mengetik kata tanpa harus menyentuh angka keyboard satu persatu dalam menyusun kata. satu hal lagi yang lebih penting, jika pada versi sebelumnya pengetikan Google Voice sangat tergantung dengan koneksi internet, ini Google Voice menyediakan versi offline dengan database kata yang perlu diunduh untuk dapat menggunakannya. dukungan bahasanya pun lebih banyak sehingga fasilitas ini mempermudah banyak bahasa yang tersedia di dunia ini. dan salah satunya yang telah didukung oleh Google Voice adalah bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia.

jadi, bagi teman-teman semua yang belum mengetahui kemudahan dari Google Voice ini, disini kita akan membahasnya.

Cara mengetik dengan suara offline ini sudah banyak digunakan orang. Pengguna tidak perlu menekan tombol keyboarddan teks akan muncul secara otomatis, seperti ini langkah-langkahnya:

 

CARA MENDAPATKAN FITUR OFFLINE GOOGLE VOICE

 

untuk mendapatkan fasilitas fitur offline Google Voice, pastikan kita sudah menggunakan dan menginstal aplikasi Google terbaru. karena pada versi sebelumnya Google voice tidak mendukung fitur offline. sedangkan Google Voice sendiri merupakan satu paket daripada aplikasi Google. jadi untuk menggunakan fitur terbaru Google Voice kita harus menginstal aplikasi Google terlebih dahulu.

jika aplikasi Google Anda masih produk lama silahkan update terlebih dahulu melalui Google Play Store.

setelah terinstal saatnya kita mengaktifkan pengetikan suara Google dari pengaturan input bahasa. untuk cara-caranya adalah sebagai berikut:

 

  1. buka pengaturan/setting > bahasa dan masukan. Pada papan tombol dan metode masukan pilih “pengetikan Google Voice”
  2. saat menu pengetikan Google Voice terbuka saatnya kita memulai untuk mendownload bahasa Indonesia. namun sebelum itu langkah awal untuk download bahasa Indonesia kita harus menentukan bahasa default yang akan digunakan. caranya ketuk pada menu bahasa lalu beri ceklis pada bahasa Indonesia, dan jika bahasa default nya adalah bahasa Inggris kita bisa menghilangkan ceklis pada bahasa Inggris tersebut. Lalu pilih “SIMPAN”
  3. jika sudah, selanjutnya adalah proses pengunduhan database Bahasa Indonesia agar dapat digunakan secara offline. caranya, Masih pada menu pengetikan Google Voice. pilih Pengenalan ucapan offline. secara default biasanya bahasa Inggris sudah terpasang, untuk dapat menambah bahasa Indonesia secara offline kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. caranya dengan memindahkan pada tab “Semua” kemudian cari bahasa Indonesia. sentuh untuk mengunduh kemudian klik download untuk mengkonfirmasi.

ukuran file bahasa yang tersedia pada berisik saat pembuatan artikel ini kurang lebih 9,5 MB. setelah selesai pengunduhan dan pemasangan bahasa, bahasa Indonesia akan tampil pada tab terinstal. dengan ukuran yang lebih besar setelah terpasang yaitu sekitar 14 MB.

  1. setelah bahasa terpasang sangat menentukan jenis pemasukan suara yang akan digunakan caranya kembali ke bahasa dan masukan, pilih menu BICARA > masukkan suara. lalu pindah kan ceklis pada menu “layanan Google yang disempurnakan”
  2. selesai sudah, sekarang kita dapat mengetik menggunakan Google Voice secara offline dengan cara mengetuk tanda mikrofon pada keyboard saat mengetik.