Minyak Goreng Gagal Diselundupkan ke Timor Leste

Jual Minyak Goreng Fortune Harga Grosir Hari Ini Mei 2022 | Blibli

Berita bisnis, ekonomi dan saham hari ini – Halo semua apa kabar hari jumat ini? Semoga sehat selalu dan bahagia selalu aamiin. Berita ini di ambil di hari jumat tanggal 13 ( tiga belas ) Mei 2022 (Dua ribu dua puluh dua). Sebelumnya baru ini kita digegerkan tentang minyak goreng yang membuat resah para ibu indonesia atau warga indonesia ya kebanyakan ibu – ibu sih.

Beberapa bulan yang lalu,sempat viral dengan minyak goreng yang naik drastis alias mahal dari yang sebelum nya harga 14rb menjadi 30rb keatas. Hal ini membuat para emak- emak Indonesia emosi,dan para pedagang kaki lima menjadi marah juga. Ya maklum aja sih ya kan Indonesia penduduk nya mayoritas atau kebanyakan menggunakan minyak goreng untuk memasak ya kan gais berbeda dengan negara lain tapi juga ada ko negara lain yang menggunakan minyak untuk menggoreng.

Namun ada hal lain yang perlu kita ketahui bahwasan nya baru – baru ini ada berita yaitu di gagalkannya minyak goreng yang ber niat di selundup kan untuk di ekspor ke timor leste.

Kementerian Perdagang an atau yang biasa disebut dengan (Kemendag) meng gagalkan pe nyelundupan ekspor minyak goreng dari Jawa Timur ke Timor Leste. Sebanyak, delapan kontainer dengan volume 81(delapan puluh satu) ribu liter minyak goreng disita di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Veri Anggrijono mengatakan, aksi penyelundupan itu dengan cara eksportir mengelabui dengan tidak men cantumkan minyak goreng dalam dokumen Pemberitahu an Ekspor Barang (PEB).

Aksi penyelundupan ini juga bisa dicegah berkat koordinasi dan sinergi antar lembaga pemerintah dalam menjalankan perintah Presiden RI Joko Widodo.

“Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan dan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan akan me nindak tegas setiap pe langgaran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Veri dalam keterangan nya, Jumat (13/5/2022). kemendag juga akan terus ber komitmen me ningkatkan sinergi dan kerja sama antar lembaga dalam hal pengawas an dan penegak an hukum di bidang perdagangan.

“Kegiatan hari ini merupakan implementasi dari MoU antara Kementerian Perdagangan, Polri, dan Ditjen Bea Cukai dalam men tingkat kan peng awasan dan penegakan hukum di bidang perdagangan,” imbuh dia.

Ber dasar kan Peraturan Menteri Per dagangan Nomor 22 (dua puluh dua) Tahun 2022 (dua ribu dua puluh dua) tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil , Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein, dan Used Cooking Oil, minyak goreng telah di tetap kan sebagai barang yang di larang untuk di ekspor terhitung sejak 28 April 2022.

Pelaku usaha yang telah me langgar ke tentuan ter sebut di ancam dengan sanksi sebagai mana diatur Pasal 112 (seratus dua belas) Ayat satu (1)  Pasal 51 (lima puluh satu) Ayat satu (1) Undang-undang Nomor 7 (tujuh) Tahun 2014 (dua ribu empat belas) tentang Perdagangan.

Direktur Tertib Niaga Kemendag Sihard Hardjopan Pohan me nambahkan, kontainer berisi minyak goreng yang di duga akan di ekspor secara ilegal tersebut telah di amankan petugas.”Pelaku usaha yang me langgar ekspor minyak goreng bisa di kena kan sanksi pidana paling lama lima tahun dan/ atau denda paling banyak Rp 5 (lima) miliar,” kata Hardjopan