Peran Big Data Analytics Dalam Mendorong Transformasi Digital di Bisnismu

Transformasi digital menjadi prasyarat penting untuk tetap kompetitif di era kenormalan baru ini. Beberapa organisasi telah memulai perjalanan transformasi digital mereka dengan meluncurkan model bisnis baru, inovasi teknologi, dan proses bisnis. Sudah siapkah organisasi bisnismu?

Apa itu transformasi digital? Secara sederhana ia dapat dimaknai sebagai proses adopsi dan aplikasi teknologi digital oleh sebuah organisasi. Transformasi digital telah mendorong kemajuan banyak organisasi dunia, untuk bisa tetap hadir relevan dalam lingkungan yang kompetitif secara global. Big Data menjadi kunci di balik kesuksesan transformasi digital sebuah organisasi – tak hanya korporasi besar, tapi juga berdampak nyata ke skala perusahaan kecil, UMKM, serta organisasi nonprofit.

Data dalam transformasi digital memainkan peran vital. Mengintegrasikan analisis Big Data dalam organisasimu, membuat proses transformasi digital menjadi lengkap. Memangnya apa itu Big Data dan kenapa ia jadi penting?

Istilah ‘Big Data’ mulai dikenal dunia pada tahun 2005, merujuk pada volume data yang sangat besar yang berada di luar kemampuan pemrosesan manajemen data konvensional. Big Data ini tetap harus dikelola dan dicerna oleh organisasi, karena ia tergolong data potensial tinggi (volume, kecepatan, dan keragaman informasi) yang bisa memajukan sebuah bisnis.

Jangan ragu untuk mengadopsi penggunaan Big Data di organisasimu, ia memungkinkan organisasi untuk mengambil keputusan penting dan strategis yang berdampak pada efisiensi biaya dan meningkatkan hasil. Hal ini bisa terjadi karena Big Data memberimu “contekan” akan masa depan  – sebuah proyeksi untuk karyawan dan konsumenmu, tentang bagaimana organisasimu bisa membantu memenuhi kebutuhan dan tujuan mereka di masa depan. Ya, data yang dikelola dengan baik akan memperlengkapimu dengan pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan keingin pelanggan, terutama ketika Big Data dikombinasikan dengan program analitik.

Dari kemampuan Big Data Analytics memprediksi gaya hidup dan preferensi pelanggan, kamu bisa menyiapkan program yang tepat untuk menjawab kebutuhan mereka – dari penawaran khusus atau diskon yang menarik bagi mereka. Lebih lanjut lagi, perusahaan dapat mengurangi timbulnya keluhan pelanggan dan mengidentifikasi potensi masalah sebelum itu benar-benar terjadi dan membuat pelanggan tidak senang.

Jadi, harus mulai dari mana untuk membangun analisis Big Data demi mentransformasi bisnismu jadi 100% digital?

  • Temukan Data yang Tepat
    Tak perlu jauh-jauh, bisa jadi data yang dibutuhkan sudah ada dalam organisasimu, misalnya dari platform CRM yang Anda pakai. Apakah data-data yang sudah berseliweran selama ini dalam tubuh organisasi Anda sudah dikumpulkan dan dikelola jadi satu laporan yang runut? Teruslah mencari kumpulan data baru yang dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Hindari menebak atau hanya mengandalkan logika.
  • Analisa Data Tersebut
    Gunakan berbagai platform online seperti Google Analytics untuk memantau perilaku konsumen dan interaksi mereka dengan organisasimu. Setelah mengetahui cara menafsirkan data, perusahaan Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk mulai mendapatkan momentum dan membuat transformasi digital yang sukses.

Apakah organisasimu menghadapi kekurangan sumber daya untuk mengoptimalkan Big Data secara in-house? Beradaptasi menjadi organisasi yang fasih menggunakan Big Data memang tidak instan – sama seperti orang yang berdiet, olahraga dan pengaturan pola makannya harus dilakukan beberapa hari untuk memberikan hasil nyata. Menurunkan berat badan harus menjadi perubahan gaya hidup, dan begitu juga memasukkan Big Data ke dalam strategi bisnis Anda.

Telkom DWS hadir untuk memberikan asistensi yang Anda butuhkan. Bersama kami, mari jaga organisasi Anda tetap kompetitif di pasar pada tahun 2022 dengan strategi Big Data dalam operasional bisnis Anda sehari-hari.