Perhatikan Nutrisi Penting Berikut Sebelum Jual Makanan Kucing

Perhatikan Nutrisi Penting Berikut Sebelum Jual Makanan Kucing

Banyak sekarang yang jual makanan kucing di pasaran. Sayangnya, tidak semua produk yang dijual sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan anabul kita. Padahal nutrisi di makanan kucing sangat penting agar mendorong pertumbuhan dan perkembangan kucing jadi lebih baik.

Sebenarnya, informasi mengenai nutrisi yang ada di makanan kucing sudah tersedia di kemasan produk yang kamu beli. Tinggal teliti dan cek apakah produk tersebut memberi nutrisi yang sesuai dengan yang diharapkan atau tidak.

Nutrisi yang Wajib Ada Dalam Makanan Kucing

Sama dengan manusia, kucing juga membutuhkan nutrisi yang dapat mendukung daya kembangnya. Ada beberapa nutrisi yang wajib dimiliki produk makanan kucing yang kita beli. Adapun kandungan nutrisi yang dimaksud sebagai berikut :

  1. Protein Hewani

Kucing merupakan hewan karnivora. Ini adalah alasan utama kenapa protein hewani menjadi nutrisi nomor satu yang harus terpenuhi. Kucing bisa mendapat asam amino esensial yang dibutuhkan dari protein hewani.

Protein juga bahan yang menyusun organ dan jaringan kucing. Diantaranya seperti tulang rawan, bulu, tendon, kulit, otot, darah dan juga jantung. Asam amino esensial menjadi bagian penting dari enzim, antibodi dan hormon.

Makanan kucing yang bagus dan seimbang adalah makanan yang mencakup protein hewani dari daging. Misalnya seperti daging kalkun, sapi atau ayam. Serta dari bahan ikan dan telur.

  1. Lemak

Lemak hewani juga termasuk kandungan yang tidak boleh dikesampingkan begitu saja dari komposisi produk yang kamu beli. Gunanya lemak hewani bagi kucing adalah untuk sumber energi utama.

Lemak baik merupakan istilah untuk menjelaskan lemak yang secara alami terdiri dari daging dan ikan atau asam lemak esensial, contohnya asam lemak Omega 3 dan Omega 6.

Lemak baik punya peranan yang sangat penting bagi kesehatan kucing yang kamu peliharaan. Lemak bisa membantu kucing agar suhu tubuhnya terjaga, memberi asupan energi dan membantu menyerap vitamin penting seperti A, D, E dan K.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat juga menjadi nutrisi yang tidak boleh dikesampingkan begitu saja bagi kucing. Meski karbohidrat tidak dipandang sebagai nutrisi penting untuk makanan kucing, tapi karbohidrat punya peran penting di dalam tubuh kucing.

Karbohidrat memberi sumber energi yang gampang mudah dicerna oleh tubuh. Jadi, karbohidrat harus ada di makanan yang kamu berikan kepada kucing kalian. Kucing dapat memenuhi nutrisi karbohidrat dari biji-bijian, misalnya gandum dan juga beras.

Karena biasanya biji-bijian tersebut ditambah sebagai bahan di dalam makanan kucing basah, sumber karbohidrat sudah diolah untuk memfasilitasi pencernaan dan juga penyerapan ke tubuh kucing.

Karbohidrat yang didapat dari kedelai mentah atau kacang-kacangan lainnya perlu dihindari karena punya faktor antinutrisi. Selain tiga nutrisi penting tersebut, vitamin dan mineral juga harus ada di makanan kucing yang kamu berikan.