Tips Budidaya Ikan Hias yang Wajib Diperhatikan

Bisnis ikan hias amatlah menguntungkan dan mengiurkan. Pecinta ikan cantik ini sangat banyak dan umumnya mereka rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk bisa menyalurkan hobi untuk mendapatkan dan membeli ikan hias yang diinginkannya.

Apalagi dengan bentuk yang cantik dan mempesona rasanya ikan hias dapat menjadi salah satu media untuk menghilangkan stres setelah lelah bekerja. Karena itulah konsumen ikan jenis ini akan rela mengeluarkan uang banyak untuk menyalurkan kegemarannya tersebut.

Tips Budidaya Ikan Hias

Nah buat anda yang ingin menjalankan budidaya ikan hias sebagai lahan bisnis, berikut ini hal yang wajib anda perhatikan.

Pilih Tempat Budidaya Yang Tepat

Ada sejumlah teknik budidaya ikan hias yang umum dijalankan, seperti di kolam, di akuarium, hingga dengan sistem air mengalir. Pemilihan terhadap tempat atau media pemeliharaan perlu disesuaikan dengan kondisi maupun kemampuan anda.

tips budidaya ikan hias

Sedikit tips untuk pemilihan tempat budidaya ikan hias sebaiknya perhatikan lokasinya. Jika anda menggunakan tempat akuarium yang diletakkan di atas ketinggian tertentu sebaiknya pilih jenis ikan hias yang tampilannya cantik dan eksklusif, seperti ikan lauhan, ikan diskus, ikan oskar, atau lainnya.

Namun jika tempatnya di kolam sebaiknya pilih ikan komet, ikan arwana, ikan koi, atau yang lainnya. Untuk keterangan lebih detail tentang ikan hias lainnya, silahkan kunjungi pondok ikan.

Namun jika anda memelihara beberapa jenis, sebaiknya masing-masing dipisahkan tempatnya dan jangan dicampur agar tidak saling memangsa atau bertarung.

Pemeliharaan Tempat Secara Rutin

Tahap penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah dengan melakukan pembersihan tempatnya maupun air kolamnya. Jika menggunakan akuarium, maka sebaiknya lakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala.

Apalagi ikan hias banyak menghasilkan kotoran yang menyebabkan air cepat keruh dan kotor. Jika tidak dibersihkan secara berkala dapat menghambat pertumbuhan ikannya. Anda bisa memberihkan air maupun tempatnya setidaknya seminggu sekali atau saat air sudah terlihat kotor.

Jaga Kualitas Air Kolam

Air kolam budidaya ikan hias termasuk amat sensitive dibandingkan ikan air tawar konsumsi. Karena itu menjaga kualitas air kolam harus menjadi perhatian anda. Selain dengan filter, anda juga perlu menjaga suhu maupun ph air setiap kali melakukan penggantian air kolam.

Itulah tips budidaya ikan hias yang wajib diperhatikan dan semoga bermanfaat.