3 Usaha Ternak Ikan Paling Prospek Cocok untuk Pemula

Usaha ternak ikan merupakan salah satu bisnis yang sangat cocok untuk dijalankan di Indonesia. Sebab dengan iklim topis seperti di Indonesia, ternak ikan tak akan terkendala dengan cuaca. Salah satu jenis jenis ternak ikan yang paling menguntungkan adalah ternak ikan air tawar.

Ternak ikan air tawar sangatlah mudah dan sederhana sekali. Dengan pengetahuan dan sedikit pengalaman maka ternak ikan dapat menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Tak hanya ikan yang diperuntukan konsumsi, ikan hias juga sangat laku keras di Indonesia.

Pilihan Usaha Ternak Ikan

Dengan segala keuntungan tersebut, kami telah merangkum 3 usaha ternak ikan yang paling menguntungkan berikut ini:

1.Usaha Ternak Ikan Lele

Ternak ikan lele sangatlah mudah dan sederhana sekali yang sangat cocok untuk para pemula. Ikan lele sangat mudah sekali hidup dalam kondisi bagaimanapun. Hal itulah yang membuatnya dijuluki “tikus air”.

usaha ternak ikan

Modal yang dibutuhkan dalam usaha ternak lele pun sangatlah minim. Usaha dapat dimulai hanya dengan menggunakan terpal, bibit ikan lele, dan pakan saja.

Dalam 3 bulan, usaha ternak ikan lele sudah dapat dipanen. Jika dikelola dengan modern bahkan bisa lebih cepat. Meskipun usaha ternak lele sangat mudah untuk di jalankan, namun pasokan lele selalu saja kurang dipasaran. Yogyakarta bahkan membutuhkan pasokan lele dari luar daerah sebab tak mampu memenuhi kebutuhan kotanya sendiri.

2.Usaha Ternak Ikan Gurame

Usaha ternak ikan gurame tak kalah menguntungkan. Ikan ini dapat mempunyai bobot 3-4 Kg untuk daerah Jawa Barat. Di daerah lain biasanya gurame sudah dikonsumsi saat bobotnya sudah ½ – 1 Kg.

Ikan gurame merupakan ikan favorit untuk disantap dan selau ada pasar terbuka lebar untuk usaha gurame.

3.Usaha Ternak Ikan Arwana

Semua pasti akan setuju bahwa ternak arwana akan sangat menguntungkan. Hal tersebut memang tidak mengherankan sebab ikan arwana mempunyai harga yang sangat tinggi sekali per ekor.

Ikan hias ini meskipun mahal selalu digilai oleh pecintanya. Orang rela menghabiskan kocek yang dalam untuk memperoleh ikan ini.

Demikianlah beberapa pilihan usaha ternak ikan paling menguntungakan yang cocok untuk pemula. Semoga informasi ini bermanfaat.